Home > Perkuliahan > Anda bingung cari program studi di Perguruan Tinggi ?

Anda bingung cari program studi di Perguruan Tinggi ?

Seseorang Calon Mahasiswa yang akan memilih program studi di Perguruan Tinggi, harus dilaksanakan dengan cermat dan hati hati, karena kalau sampai salah pilih, maka dapat berakibat pada aspek psychis dan finansial.

Dalam memilih program studi, harus sesuai minat dan kemampuannya, karena dari titik situlah keberhasilan Calon Mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar yang dicita-citakan.


Sewaktu masih berada di kelas III SMA, biasanya seseorang kalau ditanyakan akan melanjutkan kuliah ke program studi apa atau ke Perguruan Tinggi mana, agak sulit untuk menjawab, karena memang mereka belum mengetahui sepenuhnya mengenai jenis, macam program studi, materi yang dipelajari, dan lapangan pekerjaan yang akan digeluti, kalau mereka sudah lulus dari Perguruan Tinggi nantinya, pada hal mereka harus memutuskan hal tersebut demi masa depan mereka.

Kadang kadang timbul suatu ketidaksamaan pilihan program studi, antara orang tua dan anaknya, sehingga perlu adanya penyesuaian di antara kedua belah pihak untuk memutuskan hal yang terbaik bagi masa depan anaknya.

Adakalanya seseorang dalam memilih program studi, tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya, atau karena hanya pengaruh lingkungan teman-temannya saja, atau bahkan hanya karena  ingin mendapatkan status sebagai mahasiswa saja.

Yang menjadi masalah yaitu kalau pilihan program studi tidak sesuai dengan minat, kemampuan, potensi, atau bakat  seseorang, maka dapat berakibat mereka merasa terbebani, stress, atau menyesali diri karena telah keliru memilih program studi.

Untuk menghindari supaya tidak salah dalam memilih program studi, maka salah satu diantaranya melalui jasa Lembaga Psikologi, karena melalui Lembaga tersebut dapat diketahui : bakat, minat, kemampuan, dan potensi diri sehinga diharapkan seseorang dapat lancar dan sukses dalam menyelesaikan studinya.

Dengan tes minat dapat diketahui arena minat seseorang antara lain : outdoor ( berhubungan dengan aktivitas di luar / lingkungan terbuka ), mechanical ( berhubungan dengan mesin atau mekanik ), computational ( berhubungan dengan angka / menghitung ), scientific ( berhubungan dengan analisis, penyelidikan, eksperiment, ilmu pengetahuan ), personal contact ( berhubungan dengan manusia ), aesthetic ( yang berhubungan dengan seni / menciptakan sesuatu ), literary ( berhubungan dengan buku / membaca / mengarang ), musical ( berhubungan dengan alat musik ), social service ( berhubungan dengan kesejahteraan / sosial ), clerical ( berhubungan dengan tugas rutin ), practical ( berhubungan dengan pekerjaan praktis ), medical ( berhubungan dengan pengobatan / penyakit ).

Sehingga dari hasil tes tersebut dapat diketahui, ke program studi mana seseorang akan memilih.

Setiap Perguruan Tinggi mempunyai program studi sendiri sendiri sesuai dengan kebutuhan, visi, dan misi Perguruan Tinggi tersebut.

Jenis jenis program studi di Perguruan Tinggi antara lain :

Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Perencanaan Wilayah & Kota, Pendidikan Dokter, Psikologi,

Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Ilmu Komunikasi.

PENTING : Untuk menghindari supaya tidak keliru dalam memilih program studi di Perguruan Tinggi antara lain adalah : harus mengetahui kemampuan diri, bakat & minatnya, dan berusaha memperoleh informasi yang sebaik-baiknya hal yang berhubungan dengan program studi / perguruan tinggi.

Categories: Perkuliahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: