Home > Perkuliahan > Bingung dari SMA mau kemana ? Mau tau alternatif pilihannya ?

Bingung dari SMA mau kemana ? Mau tau alternatif pilihannya ?

Pada waktu seseorang sudah lulus SMA, maka mempunyai alternatif pilihan untuk menentukan arah masa depannya, apakah akan bekerja mandiri ( berwirausaha ), bekerja di kantor, mengikuti kursus / pelatihan sebagai bekal atau pengantar untuk bekerja, melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi, atau mungkin ada seseorang yang untuk sementara ingin tidak bekerja dulu, atau bahkan menganggur.

Memang banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, namun faktor yang utama adalah masalah finansial, karena dari finansial itulah dapat merealisasikan keinginan seseorang dalam mencapai tujuannya, sehingga disini peran orang tua sangat penting, karena setelah lulus dari SMA, secara umum seseorang belum dapat mandiri.

Beberapa alternatif pilihan setelah lulus SMA adalah sebagai berikut :

Bekerja Mandiri / Berwirausaha

Dalam bekerja mandiri, maka peran modal sangat penting meskipun ada seseorang yang dapat bekerja mandiri tanpa modal, yaitu dengan bekerja ala kadarnya, namun yang dimaksud bekerja mandiri disini adalah bekerja yang produktif.

Bekerja di Kantor

Berhubung pada masa sekarang pendidikan sangat penting, maka dalam bekerja di kantor, seorang lulusan SMA biasanya hanya sebagai pelaksana atau karyawan golongan rendah, karena pada masa kini lulusan ahli madya atau sarjana masih banyak yang belum mendapat pekerjaan, sehingga persyaratan jabatan dalam bekerja biasanya minimal berijasah ahli madya atau sarjana, sehingga sangat sulit bagi para lulusan SMA untuk bekerja di kantor.

Mengikuti Kursus / Pelatihan

Adakalanya seseorang lulusan SMA menyadari bahwa dengan hanya lulusan SMA sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan, maka mereka berusaha untuk mengembangkan dirinya untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilannya melalui kursus atau pelatihan.

Untuk supaya cepat mendapatkan pekerjaan, maka seseorang harus cermat dalam memilih jenis kursus atau pelatihan apa yang akan dipilih, dan supaya diusahakan untuk memilih kursus atau pelatihan yang dibutuhkan oleh pasar kerja.

Adapun jenis kursus atau pelatihan antara lain adalah :
Komputer, Bahasa Inggris, Sekretaris, Kewirausahaan, Montir, Tata Buku, Akuntansi, Jahit Menjahit, sopir, dsb.

Melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi

Ini merupakan alternatif yang paling banyak memerlukan dana, karena jangka waktunya yang lama, yaitu antara 3 sampai 5 tahun.

Kalau akan melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi, bentuk kelembagaan apakah yang akan dipilih, apakah Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, dimana masing masing kelembagaan tersebut mempunyai karakteristik sendiri.

Selain itu program studi yang akan dipilih, apakah : manajemen, akuntansi, ilmu hukum, arsitektur, teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, perencanaan wilayah & kota, psikologi, kedokteran, komunikasi dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan pekerjaanpun, pada masa kini sangat sulit, karena selain jumlah / banyaknya orang yang ingin bekerja tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang tersedia, juga karena kompetensi yang dimiliki oleh para pencari kerjapun kebanyakan tidak sesuai dengan persyaratan jabatan di perusahaan atau kebutuhan pasar, akibat dari hal tersebut maka terjadi pengangguran

PENTING : Pada prisipnya untuk mengadakan alternatif pilihan setelah lulus SMA tergantung beberapa faktor antara lain : potensi diri, kemampuan diri, finansial, dan kondisi & situasi orang yang bersangkutan.

Categories: Perkuliahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: