Home > Perkuliahan > Kiat merawat motor agar selalu aman di jalan

Kiat merawat motor agar selalu aman di jalan

Motor merupakan alat transportasi yang praktis dan ekonomis, karena disamping dapat dikendarai di pedesaan maupun perkotaan, juga harganyapun pada waktu ini dapat dijangkau oleh masyarakat, bahkan untuk mendapatkan motor, ada perusahaan yang menawarkan tanpa uang muka (DP).

Supaya motor dapat dipakai oleh pemiliknya dalam waktu yang lama, maka  Pemilik harus merawatnya dengan baik, agar selalu dapat dikendarai secara aman dan nyaman. Ada baiknya Pemilik motor memahami dan menguasai tehnis operasional dan fungsi komponen yang ada pada motor tersebut, sehingga kalau terjadi kerusakan di jalan dapat diperbaiki.

Kiat untuk merawat motor agar lebih berdayaguna dan berhasilguna adalah sebagai berikut :

Pemeriksaan terhadap rem

Rem merupakan komponen yang vital bagi motor, karena kalau rem tidak pakem, maka dapat berakibat kecelakaan terhadap pengemudi motor, maka sebelum mengendarai motor, supaya di cek terlebih dahulu apakah kabel rem dalam keadaan baik atau tidak

Ada baiknya pula juga diperiksa kabel persenelingnya.

Pemeriksaan Oli Mesin

Oli mesin merupakan pelumas atau pelancar dalam menjalankan motor, sehingga kalau oli mesin mengalami ketidaknormalan, maka dapat berakibat teknis operasional motor dapat terganggu, karena mesin merupakan penggerak motor tersebut.

Apabila oli mesin sudah berubah warnanya dari warna semula, misalnya : kehitam-hitaman, maka supaya segera diganti karena daya lumasnya sudah berkurang.

Pemeriksaan Air Aki

Aki merupakan salah satu komponen motor yang dapat menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, dan bagian penting lainnya, maka dari itu kalau daya kerja aki sudah lemah atau kondisi air aki sudah melewati batas yang sudah ditetapkan, supaya segera diganti.

Pemeriksaan terhadap rantai

Rantai juga merupakan komponen motor yang tidak kalah pentingnya, karena kalau pemasangannya tidak tepat, dapat menyebabkan jalannya motor tidak nyaman. Kalau rantai terlalu kendur, maka dapat terlepas dari gearnya, sedangkan kalau terlalu kencang, maka rantai dapat putus. Selain itu kondisi gear supaya juga diperiksa, kalau sudah tajam atau runcing, maka dapat menyebabkan rantai putus.

Pemeriksaan selang bensin

Selang bensin yang sudah tidak normal, misalnya : mengeras, retak, tidak elastis lagi, maka dapat menyebabkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator, dan dapat berakibat penyumbatan atau terganggunya suplai bensin dari tangki ke karburator, sehingga sistem pembakaran terganggu.

Pemeriksaan terhadap tekanan angin dalam ban

Tekanan angin dalam ban supaya diatur sedemikian rupa sesuai ketentuan yang ada, dan jangan terlalu keras atau terlalu kurang, karena dapat mengakibatkan ban rusak dan kenyamanan berkendaraan dapat terganggu.

Pemanasan mesin sebelum motor dijalankan

Supaya sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian mesin dengan baik, maka  sebelum dijalankan supaya dipanasi terlebih dahulu selama 2 menit.

Pembelian sparepart motor yang asli

Agar motor mempunyai umur teknis yang lama, maka dalam membeli sparepart supaya dibeli yang asli, karena kalau sebagian komponen sparepart ada yang tidak asli, maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan gerak, sehingga sistem operasional tidak berjalan dengan optimal.

Selain pengecekan terhadap sarana pisik motor tersebut, perlu juga diperhatikan sarana pisik orang yang mengendarai motor tersebut yaitu antara lain : dalam kondisi sehat, misalnya : tidak pusing, flu, batuk, sesak napas, sakit perut, dsb. , karena kalau sampai terganggu kesehatannya dalam mengendarai motor dapat berakibat hal hal yang tidak diinginkan.

Kalau kedelapan hal tersebut dapat dipenuhi, maka diharapkan seseorang dapat mengemudikan motor dengan aman, nyaman, dan umur teknis motor dapat terjamin.

Categories: Perkuliahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: