Home > Perkuliahan > Strategi supaya cepat lulus kuliah

Strategi supaya cepat lulus kuliah

Belajar di Perguruan Tinggi memang berbeda dengan sewaktu belajar di SMA, karena memerlukan kemandirian agar dapat menyerap dan menganalisa materi perkuliahan yang diberikan oleh Dosen, dan meramunya menjadi sesuatu yang baru menurut logika dan daya nalar mahasiswa yang bersangkutan, sehingga supaya dapat cepat lulus kuliah, selain memerlukan strategi tersendiri, juga perlu melaksanakan manajemen waktu agar kegiatan perkuliahan dapat diikuti dengan se-baik-baiknya.

Dosen hanya berperan sebagai pengarah, pelatih, dan pembimbing agar materi perkuliahan dapat dicerna atau dimengerti oleh para mahasiswa.

Beberapa strategi agar dapat cepat lulus kuliah di Perguruan Tinggi antara lain :

  • Pilihlah program studi sesuai minat, bakat, dan kemampuan, sehingga dalam materi kuliah dapat diterima dengan senang dan tulus
  • Ikutilah kelompok studi/diskusi, agar dapat mempertajam daya inisiatif, daya kreatifitas, dan menambah wawasan bidang ilmu
  • Biasakanlah untuk tepat waktu masuk kuliah dan usahakanlah tidak terlambat, karena untuk menerima materi kuliah yang baru memerlukan adjustment process terhadap diri dan lingkungan yang ada
  • Kerjakanlah segera tugas tugas yang diberikan oleh Dosen, dan supaya diusahakan tidak ditunda, karena semakin ditunda akan sulit memprediksikan kapan dapat dikerjakannya.
  • Sering seringlah untuk mengunjungi perpustakaan atau toko buku untuk merangsang diri agar selalu ingin mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Jangan malu malu untuk menanyakan kepada Dosen materi kuliah yang kurang jelas, karena dalam kuliah itu sudah membayar fee yang harus diperhitungkan pula dengan penguasaan bidang ilmu yang diajarkan.
  • Ikutilah kegiatan yang dapat menambah wawasan agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, misalnya  mengikuti : seminar, pelatihan, diskusi, studi lapangan, penelitian, membaca koran, melihat telivisi.
  • Lengkapilah pengetahuan dengan instrument penunjang perkuliahan, misalnya : penguasaan bahasa inggris, komputer, internet, penulisan ilmiah dsb.
  • Jagalah etika sebagai mahasiswa yang memiliki sikap ilmiah / intelektual, sopan, memiliki budi pekerti yang luhur, hormat pada dosen, sesama mahasiswa, jujur, dsb.
  • Persiapkanlah diri dengan sebaik-baiknya sebelum ujian, dengan perencanaan waktu yang tepat agar mempunyai rasa percaya diri, rasa optimis dalam menyelesaikan soal soal ujian.
  • Perbanyaklah mengikuti kegiatan di kampus yang dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, agar dapat menunjang materi perkuliahan.
  • Usahakanlah mengikuti kegiatan kemahasiswaan sebagai penunjang kegiatan intra kurikuler yang meliputi kegiatan : penalaran & keilmuan, bakat, minat & kegemaran, kesejahteraan mahasiswa.
  • Pilihlah teman yang baik dalam lingkungan pergaulan kampus, karena lingkungan sangat mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan
  • Hindarkanlah kegiatan yang bersifat negatif yang dapat menurunkan kreditibilitas sebagai mahasiswa misalnya : sifat arogan, melecehkan dosen / karyawan / sesama mahasiswa, ngrumpi di kelas, nyontek, pacaran di kampus, mbolos kuliah, titip absen, memakai narkoba,  bertindak destruktif, dsb.

PENTING : Dengan adanya strategi tersebut diharapkan seseorang mahasiswa dapat cepat menyelesaikan studi sesuai waktu yang telah direncanakan, dan dapat lulus dengan IPK yang optimal.

Categories: Perkuliahan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: